Populer

Khas

Selasa, 17 November 2015

Bagaimana cara ke Cianjur?





Buat kamu yang belum pernah mengunjungi Cianjur, harus tahu dulu caranya. Karena jalurnya yang mudah diakses dan merupakan lintasan mudik, kamu gak akan sulit untuk mencapai Cianjur. Tentunya ada dua pilihan, yaitu menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi/sewaan.

Cianjur letaknya diapit oleh beberapa kabupaten lainnya di Jawa Barat. Di arah barat berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Di utara berbatasan dengan Karawang, Bogor dan Purwakarta. Di Timur berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Garut. Sedangkan arah selatan berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. Nah itulah alasannya kenapa sempat diberitakan para imigran gelap asal Timur Tengah terdampar di pantai Cianjur saat akan melintas ke Australia.

Ada dua akses utama menuju Cianjur yaitu melalui jalur barat (utara) dan timur. Jalur barat terutama sebagai gerbang akses melalui Kabupaten Sukabumi, Bogor dan Jakarta. Jalur utamanya adalah Puncak. Sedangkan alternatifnya bisa melalui Jonggol atau memutar ke Sukabumi melalui Ciawi. Kalau kamu berasal dari arah timur seperti Bandung (juga Purwakarta) atau wilayah Jawa Tengah, bisa melalui jalur Padalarang-Cianjur.

Jalur Puncak ke Bandung yang melalui Cianjur adalah jalan bersejarah dan telah digunakan selama berabad-abad. Bada zaman kolonial jalur ini digunakan sebagai sarana utama pengiriman logistik. Dikenal juga sebagai Jalan Raya Pos Anyer Panarukan. Pada masa kemerdekaan hingga tahun 90-an, jalur ini menjadi jalur primadona dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya, sebelum akhirnya tergantikan oleh jalan tol Cipularang.  

Dari Bogor & Jakarta (arah barat)

Sebenarnya, fasilitas peta digital seperti Google Map saat ini dengan mudah diakses sebagai petunjuk arah untuk ke Cianjur. Tetapi sebagai gambaran umum menggunakan jalur Puncak yang mudah diingat adalah seperti ini: 

Jakarta/Bogor-Ciawi-Gadog-Puncak-Cipanas-Cianjur

Kalau kamu mengingat susunan itu, dijamin tidak akan tersesat. Sepanjang jalur terdapat banyak petunjuk arah juga kok. Kalau kamu menggunakan kendaraan sendiri, bisa berhenti saja dulu sejenak dan bertanya ke seseorang atau polisi di sepanjang jalur itu.

Kendaraan umum yang bisa digunakan menuju Cianjur adalah bus dan minibus. Dari Jakarta, untuk menuju Cianjur dengan bus umum, kamu harus ke Terminal Kampung Rambutan. Kamu bisa pilih beberapa bus yang melintas via Puncak. Pastikan harus lewat puncak. Kalau tidak, kamu akan jauh terlempar ke tol Cipularang menuju Bandung. 

Bus yang biasa melintas via Puncak dari terminal Kampung Rambutan adalah Doa Ibu (jurusan Jakarta-Tasikmalaya), Karunia Bakti (jurusan Jakarta-Garut) dan Marita atau Parung Indah (Jakarta-Cianjur). Ongkosnya berkisar Rp. 20.000-30.000 tergantung kelasnya (ekonomi/AC). Saya sarankan untuk naik bus jurusan Jakarta-Cianjur seperti Marita atau Parung Indah, karena kamu pasti sampai di Cianjur. J

Dari daerah Banten juga ada bus yang melintas ke Cianjur, yaitu Garuda Pribumi (jurusan Merak-Bandung). Ongkosnya berkisar Rp. 50.000-70.000. Kalau menggunakan bus, kamu bisa turun di sepanjang jalur Cipanas-Cianjur tergantung objek yang kamu tuju buat jalan-jalan. Untuk ke pusat kota Cianjur, kamu harus turun di perempatan Harimart, dengan ciri tugu besar di tengah perempatan. Letaknya dekat dengan Cianjur Supermall. Dari sini kamu bisa naik angkot 01B atau 05A yang menuju Mesjid Agung Cianjur. Ongkosnya fix Rp. 3.000. 

Dari Bogor kamu bisa naik kendaraan umum jenis minubus L-300 berwarna putih. Kamu bisa naik dari terminal Baranang Siang. Rutenya melalui daerah Gadog lalu menuju Puncak. Ongkosnya sekitar Rp.20.000-25.000 tanpa AC. Kamu bisa juga menunggu bus jurusan Puncak di sekitar daerah Ciawi (pasar Ciawi). Bus-bus dari Jakarta dan Merak via Puncak juga melintas ke daerah Ciawi. Kalau kamu berniat untuk langsung ke pusat kota Cianjur, kamu harus turun di perempatan Harimart juga ya. J     

Alternatif moda transportasi lain dari Bogor menuju Cianjur bisa menggunakan kereta api. Kamu bisa naik kereta api Pangrango jurusan Sukabumi dari stasiun Bogor, stasiun Batutulis atau Ciawi. Harga tiketnya belum saya  cek, tapi dijamin terjangkau kok. Setelah tiba di stasiun Sukabumi, kamu harus naik kereta api Siliwangi jurusan Sukabumi-Cianjur. Tiketnya Rp. 10.000 untuk bisnis, dan Rp.20.000 untuk Eksekutif. Tujuan akhir kereta api ini yaitu stasiun Cianjur, tepat di tengah kota. Sensasi perjalanan menggunakan kereta api selalu menarik untuk dijajaki. Jadi ini layak untuk dicoba.  

Dari Bandung (arah timur)

Nah, kalau kamu berangkat dari arah timur, seperti dari Bandung atau mungkin Jawa Tengah, kamu bisa melalui jalur Padalarang. Dari Tol Purbaleunyi keluar di pintu tol Padalarang. Lalu ikuti jalan Padalarang-Cianjur. Jalan ini adalah satu-satunya jalan utama menuju Cianjur, Sukabumi dan Bogor via Puncak. Jadi kamu gak akan tersesat. Di sepanjang jalan kamu bisa istirahat di beberapa restoran atau warung kopi. Rute utamanya adalah seperti ini:

Bandung-Padalarang-Rajamandala-Ciranjang-Cianjur

Dari Purwakarta bisa melewati tol Padalarang terlebih dahulu, lalu mengikuti jalur Padalarang-Cianjur. Ciri bahwa kamu sudah memasuki Cianjur adalah melintasi sungai Citarum yang sangat besar. Jembatannya sangat tinggi karena berada di tebing cadas kars. Ini adalah perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur.

Di hari-hari biasa kepadatan lalu-lintas dari mulai keluar gerbang tol Padalarang sampai ke daerah Situ Ciburuy sangat tinggi. Terkadang disertai macet. Tetapi setelah melewati Situ Ciburuy lalu-lintas mulai terurai dan lancar jaya sampai Cianjur. Oh iya, kalau kamu pakai sepeda motor, kamu harus menggunakan jalur Bandung-Cimahi-Padalarang. Kenapa? karena sepeda motor tidak boleh masuk jalan tol. hehe J. 

Bagaimana dengan kendaraan umum? kamu bisa menggunakan bus umum (juga bus travel). Untuk menuju Cianjur dari Bandung, kamu bisa naik di terminal Leuwi Panjang. Naiklah bus dengan jurusan Bandung-Sukabumi via Cianjur, atau jurusan Jakarta, Bogor, Merak yang melalui Puncak via Cianjur. Ongkosnya sekitar Rp.20.000-25.000 tergantung menggunakan kelas ekonomi atau AC.

Bus jurusan Bandung-Sukabumi selalu melintasi Cianjur, kamu tinggal bilang saja ke kondektur untuk turun di Cianjur. Pilihan busnya, kamu bisa naik MGI, Restu Jaya, Sangkuriang, Hiba Putra atau Langgeng Jaya. Ada juga bus Maya Raya jurusan Cirebon-Sukabumi yang bisa didapat dari terminal Cicaheum. Tapi jeda keberangkatannya lama. Jadi saya sarankan naik dari terminal Leuwi Panjang saja. Untuk bus jurusan Bogor, Jakarta, Merak yang melewati Puncak ada beberapa yang kamu bisa pilih. Pastikan busnya melewati Cianjur, ya.

Kalau sudah sampai di Cianjur, kamu bisa turun di Terminal Rawa Bango. Lalu dilanjutkan dengan naik angkot 01A, 01B, 05A jurusan kota atau ojek. Ongkos angkot Rp. 3.000 (jauh-dekat). Kalau ojek seperti biasa, tergantung jarak.

Masih bingung cara buat ke Cianjur? silahkan tanyakan di kolom komentar. J

      

98 komentar:

  1. Apakah bisa dari cianjur/ciranjang ke purwakerta naik kreta api ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa kalau langsung. Jalur kereta CIanjur-Bandung saat ini belum diaktifkan. Kalau ingin naik kereta dari Cianjur/Ciranjang ke Purwakarta, harus transit di Stasiun Padalarang,dan ganti kereta yang menuju Purwakarta

      Hapus
    2. Oh
      Jadi kalo mau k pwk harus dari stasiun padalarang yh gan ,,,,

      Hapus
    3. kalo dari cianjur mau ke pwk pake bis naiknya dimana trs kira2 tarifnya brp

      Hapus
    4. Kalo dari cianjur ke bekasi tarifnya brpa?

      Hapus
  2. Iya, betul. Info stasiun Padalarang bisa dilihat di Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Padalarang.

    BalasHapus
  3. Maaf saya pengendara motor kalau dari kampung rambutan mau kecianjur ambil arah mana? Saya gelap belum tau jalur. Trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat cikeunsing lurus aja bang. Sampe jonggol ikutin jalur itu aja. Bisa lewat puncak tapi ke jauhan.

      Hapus
  4. Kalau mau ke taman bunga nusantara dr term kp rambutan gmn caranya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai bus umum bisa naik bus Marita, Parung Indah, Karunia Bakti, atau Doa Ibu yang lewat ke Cipanas. Nanti turun sebelum pasar Cipanas, di perempatan yang menuju ke Mariwati. Bisa minta diturunkan saja ke kondekturnya untuk oper ke angkot menuju Mariwati. Setelah naik angkot, minta diturunkan di depan Taman Bunga Nusantara.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Klo mau ke ramayana ci anjur naik mobil apa ya darii kp ramburan... ? Tolong d jwb gan

      Hapus
  5. Mas kalau dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Cianjur Itu Naik Apa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementari masih harus naik bis jurusan Bandung-Sukabumi dari jalur Padalarang-Cianjur via Tagog Apu (Cipatat) karena kereta api jurusan Bandung-Cianjur belum beroperasi. Menurut info sih baru tahun depan baru akan beroperasi lagi. Coba cek: http://cianjurekspres.com/2016/ka-cianjur-bandung-tahun-depan-beroperasi/

      Hapus
  6. Kalo mau ke tanggeung cianjur.dr stasiun cianjur kemana lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menuju Tanggeung, dari stasitun Cianjur naik angkot 02A (merah pelat kuning) atau 02B (merah pelat hijau) tujuan Terminal Pasir Hayam. Dari terminal disambung dengan bus Elf tujuan Tanggeung.

      Hapus
    2. Klo ke tanggeungnya ada bis yg ac ga?trmkash ats jwbnnya

      Hapus
    3. Tidak ada bus AC ke Tanggeung

      Hapus
  7. Klo dari leuwipanjang ke cipanas cianjur naek bus apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus yang langsung lewat dari Leuwi Panjang di antaranya Gagak Rimang jurusan Bogor kelas ekonomi dan Garuda Pribumi jurusan Merak kelas ekonimi. Pastikan tujuan ke Cipanas saat akan naik bus.

      Alternatifnya, bisa naik bus jurusan sukabumi, lalu turun di terminal Pasir Hayam dan nak bus kecil jurusan Jakarta (Kampung Rambutan), di antaranya Parung Indang dan Marita.

      Hapus
  8. kalo dari cianjur mau ke pwk harus naik bus dimana , trs tarifnya berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Cianjur bisa naik bus ke Bandung, lalu turun di gerbang tol Padalarang. Pindah bus yang ke Purwakarta.

      Hapus
  9. Sampai sekarang bln agustus kreta api kiansantang blm jadi dioperasikan ya? Padahal pengen coba
    bandung bogor dengan kereta api

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, belum. Menurut berita akan dioperasikan tahun 2017.
      http://economy.okezone.com/read/2016/02/19/320/1316281/kereta-sukabumi-bandung-ditargetkan-beroperasi-2017

      Hapus
  10. Kalau dari Kp. Rambutan Mau ke SMKN 1 Cidaun Cianjur Selatan gimana caranya ya? atua naik kereta, mohon bantuannya ya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik bus jurusan Cianjur, turun di terminal Pasir Hayam. Lalu lanjut naik bus elf jurusan Cidaun. Kalau tidak salah, SMKN 1 Cidaun dilewati oleh trayek bus ini. Silakan minta ke sopirnya untuk diturunkan di SMKN 1 Cidaun.

      Hapus
  11. Dari stasiun bogor ke cipanas naik apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik mobil jenis L300 dari terminal Baranangsiang warna putih jurusan Cianjur. Atau bisa ke pasar Ciawi, lalu naik bus dari Jakarta jurusan Cianjur. Kemudian turun di Cipanas.

      Hapus
    2. Dari cikampek ke Cianjur naik nya berapa kali dari mana ke mana?

      Hapus
  12. Kang kalo mau ke pasar ciranjang dari jakarta gmn ya? Mohib bantuannya.. nuhun kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik bus ekonomi dari terminal Kampung Rambutan. Bus yang lewat ke pasar Ciranjang, di antaranya Doa Ibu jurusan Tasik (ekonomi) via Cianjur dan Karunia Bakti jurusan Garut (via Cianjur). Atau bisa naik bus jurusan Jakarta-Cianjur yang berakhir di Terminal Pasirhayam, turun di perempatan Hypermart, oper naik angkot jurusan terminal Rawabango dan turun di terminal, lalu oper naik angkot jurusan Ciranjang.

      Hapus
    2. Klo mau ke ramayana ci anjur dari kp raambutan naik bis apa ya gan..

      Hapus
  13. Bus marita kp rambutan cianjur lewat megamendung???

    BalasHapus
  14. Kak saya mau tanya, ini saya dari Malang Jawa Timur berencana mau ke Bandung setelah itu lanjut pengen mengunjungi Little Venice. Klo dari Bandung transportasi yang enak ke Little Venice naik apa ya.. Apa ada travel yg langsung ke Kota bunga? atau saya harus naik apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari Bandung bisa naik travel Cipaganti yang lewat jalur Puncak. Turun di perempatan menuju Kota Bunga, lalu lanjut naik angkot atau naik ojek.

      Hapus
  15. Kalau saya mau ke puncak dari bandung kan, naik mgi bdg-sukabumi dulu trus turun d cianjur baru lanjut marita. Pertanyaannya.. Setelah saya turun d cianjur untuk dapat bis maritanya bgmn? Apakah langsung dapat krn sejalur atau harus naik angkot lagi? Trima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah sampai Cianjur turun di Terminal Pasirhayam, lalu naik Bus Marita. Bus Marita tersedia di terminal Pasirhayam.

      Hapus
  16. Kalo dari sukabumi bisa naik kereta sukabumi-cianjur?
    boleh kasih info rutenya kemana aja yang naik kereta atau bis?
    tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Sukabumi bisa naik kereta api Siliwangi kelas bisnis rute stasiun Sukabumi-stasiun Cianjur.

      Kalau naik bis bisa dari terminal Sukabumi Kota, naik bis yang ke Bandung, lalu turun di terminal Pasirhayam Cianjur.

      Hapus
  17. Gan klo mau ke ramayana ci anjur dari kp rambutan naik biss apa yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa naik bis apa saja yang lewat ke Cianjur. Yang penting nanti turunnya di perempatan Hypermart. Dari sini lalu naik angkot 05B atau 01B yang lewat ke Ramayana.

      Hapus
  18. kak mau tanya, kalau naik bus dr term bus kampung rambutan mau ke purwakarta tepatnya di mall sadang square. itu turun dimana ya? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. Klo dari stasiun cianjur harus naek angkot apa buat ke Taman bunga nusantara?

    BalasHapus
  20. Posisi sy dri Garut. Mau ke ciranjang nyari daerah kiaraayunan bojongpicung... klu naik bis turun dipasar ciranjang. Adakah angkot yg melewati kiaraayunan ??

    BalasHapus
  21. Min. Kalo dari Bekasi timur mau ke cianjur ke arah RS cimacan mau ke puncak pake angkutan umum apa?

    BalasHapus
  22. Min bsk Saya harus ke Cianjur, sedangkan saya ada di daerah Cinere mall nih, naik apa ya, ASAP, klo bs info ongkos nya angkutan ga..thx

    BalasHapus
  23. Min bsk Saya harus ke Cianjur, sedangkan saya ada di daerah Cinere mall nih, naik apa ya, ASAP, klo bs sekalian info ongkos angkutan ya..thx min

    BalasHapus
  24. kalo ari arah tasik ke cianjur gimana

    BalasHapus
  25. OTW cianjur...
    Slam sya dari cikampek

    BalasHapus
  26. Ke terminal pasir hayam dari cirebon naik bis apa ya? Atau mending ke bandung dulu aja? Nanti disambung ke cianjur?

    BalasHapus
  27. Mas kalo saya dari Jakarta, turun Bogor. lalu lanjut naik kereta apa ya untuk ke cianjurnya?
    info yg saya baca, pangrango.
    apakah langsung turun di cianjurnya atau transit dulu?

    BalasHapus
  28. Mas, kalo dari jakarta ke cipanas naik mobil, kira" berapa lama yah perjalanannya?

    BalasHapus
  29. kalau opsi naik bus dari jakarta-cianjur, berapa lama perjalanan ya?
    terus keberangkatan dari jakartanya jam berapa?

    BalasHapus
  30. Mau tanya tempat-tempat terkenal apa saja yang recommended dikunjungi sekitaran stasiun cianjur. Saya mau ajak ponakan naik kereta, tapi gak ada tujuan setelah sampai cianjur, karena gak ngerti sama sekali daerah cianjur :) ditunggu sarannya.

    BalasHapus
  31. Min, ane dari Jakarta mau ke Cianjur angkutannya apa ya? Kalau sy naik KRL turun di Bogor Dr st.Bogor ke Cianjur ya ada angkutan ngga ya? Kalau ada paling sore sampai jam brp angkutannya? Terimakasih min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari St Bogor silakan ke terminal Baranang Siang, kemudian naik minibus(L-300) warna putih menuju Cianjur. Atau bisa juga naik Bus besar tujuan Tasik, Bandung atau Garut via Puncak. Sampai malam masih adal.

      Hapus
  32. Kalo dari terminal pasir hayam menuju taman bunga nusantara pake mobil umum apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau naik angkot, bisa ambil yang jurusan Panembong, lalu ganti angkot jurusan Cipanas. Paling cepat naik Bus tujuan Jakarta, Bogor, Merak yang lewat ke Puncak. Lalu turun di Pasar Cipanas. Kemudian naik angkot tujuan Mariwati yang lewat ke Taman Bunga Nusantara.

      Hapus
  33. Klo dari Surabaya enaknya pakek transportasi apa yahh gan.. Yg relatif murah dan cepat???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang murah: Naik kereta api malam kelas ekonomi, turun di Bandung, lalu oper naik bus umum jurusan Jakarata, Sukabumi, Bogor via Cianjur.

      Kalau yang cepat: Naik pesawat ke Bandung, lalu naik taksi ke pul travel Siliwangi Trans, jurusan Bandung-Cianjur-Sukabumi.

      Hapus
  34. Klo dari Surabaya enaknya pakek transportasi apa yahh gan.. Yg relatif murah dan cepat???

    BalasHapus
  35. kalo dari terminal pasir Hayam k taman bunga Nusantara nain angkot apa aja ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan naik angkot jurusan Panembong turun di Panembong, lalu oper naik angkot Cipanas turun di pasar Cipanas, oper angkot jurusan Mariwati. Lebih cepat naik bus Marita/Parung Indah jurusan Jakarta, turun di pasar Cipanas, lalu oper angkot Mariwati, turun di depan Taman Bunga Nusantara.

      Hapus
  36. punteun, mau nanya rute tercepat dari bekasi ke jembatan lama citarum / jembatan rajamandala naik transportasi umum apa? dan bisa ga transportasi umum itu berhenti dijembatannya? mohon dijawab, nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Bekasi bisa naik bus jurusan Bandung, turun di pintu tol Padalarang. Kemudian naik bus jurusan Bandung-Sukabumi (via Cianjur), turun di dekat persimpangan jembatan Citarum lama. Dari sini kamu bisa naik ojeg.

      Hapus
  37. apa ada elf jurusan cianjur bandung? ongkosnya berapa kalo ada. thanx

    BalasHapus
  38. ka kalau dari cianjur mauu ke karawang naik apa ya?

    BalasHapus
  39. cidaun ke karawang barat lewat tol ap saja om??

    BalasHapus
  40. Bos emang kereta sukabumi cianjur aktiv...jam berapaa aja keberangkatan nya

    BalasHapus
  41. Kalo mau ke bojongpicung cianjur naik mobil apa

    BalasHapus
  42. Mau tanya donk... Klo dari stasiun bogor ke ciranjang ada ga yaa?

    BalasHapus
  43. Dari Cianjur ke Karawang lebih baik menggunakan bus atau kereta api Kang ?? Dan caranya gimana ?? Hatur nuhun

    BalasHapus
  44. Klo dari terminal tanjung priuk ada gk yh yg jurusan.ci anjur

    BalasHapus
  45. Mau tanya mas, kalo dari Jawa Timur ke Cianjur naik apa ya enaknya?

    BalasHapus
  46. Mau nnya dong, kalo jalan cianjur gembor banten rute angkotnya gimana ya

    BalasHapus
  47. Klo ngecer dr stasiun bogor ke cipanas,itu gmn ?

    BalasHapus
  48. Gan mau tanya bis Marita lewat pintu tol Citereup jam berapa ya kira² kalau pagi ? Info please

    BalasHapus
  49. Kalo .. Semisal kan ya saya dari kuningan jawa barat ingin rekreasi ke taman cibodas .. Nah naik bus. . Bus apa? Turun nya dmna? Soalnya baru awal

    BalasHapus
  50. Kalau dr arah Surabaya, enaknya turun Bandung atau Jakarta kalau mau ke Cianjur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. turun bandung, ke tol padalarang. keluar pintu tol banyak bis yg ke cianjur

      Hapus
  51. bang, kalo mau ke desa cipari dari kota cianjur bisa naik apa ya?

    BalasHapus
  52. kalau dari merak mau tujuan ke cianjur naik bus apa ya?

    BalasHapus
  53. Dari Bogor naik l 300 bisa turun langsung di terminal Bango ga apa harus naik kendaraan lagi

    BalasHapus
  54. Saat ini sudah ada beberapa jasa travel antar jemput penumpang dari jakarta ke cianjur yang bisa digunakan untuk perjalanan dari cianjur ke jakarta maupun sebaliknya. Tinggal telp/wa/sms nanti dijemput drivernya. info silahkan baca di https://alviya.com/travel-jakarta-cianjur-dan-bus-dari-cianjur-ke-jakarta/

    BalasHapus
  55. Pasir Hayam - Terminal Bekasi Ada Bisnya, ngga? PATAS ada?

    BalasHapus
  56. Dari bandung ke cianjur bisa pakai kereta ga kak? Kalau pake kereta nyampe mana kah? Padalang kah? Dari padalarang pake apa ke cipanas nya?

    BalasHapus
  57. bang mau tanya, kalau mau ke wisata alam sevillage cianjur dari jakarta naik apa ya?

    BalasHapus
  58. Tanggal 1 bulan depan
    Mau OTW ke cianjur - Ciranjang
    Berangkat dari jakarta
    Tanjung priuk
    Naik bis jurusan apa yah
    Mohon petunjuknya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake BUS MARITA
      JAKARTA KAMPUNG RAMBUTAN - CIANJUR. dr terminal cianjur naik kejurusan Bandung. tinggal bilang ke sopir atau kenek turun di ciranjang

      Hapus
  59. permisi asalamualaikum
    Mau tanya nih kang klo dari cibinong ke cibeber naik kendaraan apa ya

    BalasHapus
  60. Klw dari ci panas ke purwakarta ...naik angkutan umum apa y k???

    BalasHapus
  61. Bang kalau dari tagog apu
    Naik bus jalur cianjur dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Tagog Apu bisa naik bus jurusan Sukabumi, Jakarta atau Merak via Cianjur.

      Hapus

Traveler Cianjur 2017